Ingin Proyektor Anda Awet? Simak Cara Tepat dalam Merawatnya Berikut Ini!

Posted on

Kini semua orang tentu kenal dekat dengan perangkat yang diberi nama proyektor, yakni suatu alat yang menghasilkan gambar proyeksi. Biasanya melibatkan komputer maupun laptop kemudian sebuah layar supaya tampilan di layar laptop bisa lebih besar dan jelas. Hasil proyeksi ini mampu menghasilkan gambar maupun video yang terasa kecil dari laptop menjadi lebih lapang dan mudah diamati. Jangkauan penglihatan orang dalam ruangan yang menyaksikannya pun semakin luas.

Perangkat proyeksi gambar dan video ini paling sering digunakan dalam kegiatan presentasi, entah di kalangan mahasiswa maupun kegiatan meeting di kantor dan seminar. Narasumber akan membuat bahan presentasi di laptop kemudian ditampilkan secara lebih jelas dan profesional memakai perangkat proyeksi ini. Jika dilihat dari kualitas memang tidak setajam tampilan di layar laptop namun dari segi dimensi dan kepraktisan tentu jauh lebih unggul. Supaya tampilan di layar laptop bisa dilihat oleh semua orang dalam satu ruangan.

Narasumber atau pembicara tidak perlu lagi menulis materi yang hendak dijelaskan di papan tulis karena semua sudah dihadirkan di laptop dan tinggal diproyeksikan. Penggunaannya pun praktis dan tidak memerlukan perangkat tambahan kecuali kabel. Selain dipakai untuk kegiatan presentasi juga bisa digunakan untuk menciptakan bioskop pribadi di rumah. Film dari laptop bisa dibuat nampak seperti tampil di layar bioskop, maka pertimbangkan untuk memilikinya?

Tips Pintar Merawat Media Proyeksi

Toh harga untuk perangkat proyektor ini tidak terlalu mahal, dan sangat fungsional sehingga bisa memilih yang terbaik. Setelah dimiliki usahakan dirawat dengan baik supaya awet dan berikut beberapa tips untuk merawatnya:

• Tahu langkah menghidupkan dan mematikan,

Supaya awet maka perangkat ini perlu dinyalakan dan dimatikan sesuai dengan prosedur dari pabrik. Kalau dinyalakan tinggal menekan tombol power, pastikan semua kabel terhubung dengan baik supaya segera bekerja. Nah, pada saat dimatikan idealnya memakai remote control sehingga jangan langsung menekan tombol power agar tidak mudah soak.

• Saat dipakai letakkan di tempat yang tepat,

Pemakaian yang tepat tentu akan sangat membantu menjadikan perangkat presentasi ini lebih awet dan tahan lama. Penting sekali memperhatikan tempat dimana perangkat ini diletakan jangan sampai sembarangan. Biasanya diletakan menggantung di langit-langit ruangan atau bisa pula ditaruh di atas meja yang posisinya lebih tinggi. Usahakan jauh dari perangkat lain yang menghasilkan panas, sebab suhu tinggi bisa merusak performa perangkat satu ini.

• Atur durasi penggunaannya,

Elektronik jenis apapun tentu akan sangat mudah rusak ketika dipakai terlalu lama, alias dipakai secara berlebihan. Baik TV, kipas angin, maupun komputer dan pelengkapnya juga perlu durasi yang tepat agar awet. Atur pemakaian secara bijak dan tepat supaya kegiatan presentasi lancar namun perangkat yang digunakan tidak mudah rusak. Maksimal perangkat ini digunakan 3 jam tanpa jeda, dan jika sudah lebih bisa dimatikan sejenak baru dinyalakan dan digunakan kembali.

• Pilih tempat terbaik untuk penyimpanan,

Penyimpanan yang tepat juga bisa membuat perangkat proyeksi ini bisa berumur panjang maka penting untuk diperhatikan. Pilih tempat yang aman dimana terhindar dari kondisi basah maupun terkena sinar matahari langsung. Kemudian jika sering diajak bepergian, misal karena Anda sering menjadi narasumber seminar. Maka sediakan tas yang bisa meredam goncangan yang umumnya sudah didapatkan dalam paket pembelian. Namun jika dirasa kurang berkualitas bisa membeli tas proyektor yang lebih baik di toko online maupun toko offline.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *